Sunday, December 23, 2012

Software Labview



LabVIEW adalah sebuah bahasa pemrograman grafis, LabVIEW tidak menggunakan teks untuk membuat suatu aplikasi melainkan dengan ikon-ikon yang telah disediakan. Perbedaan program LabVIEW dengan pemrograman teks adalah pada pemrograman teks instruksi yang menentukan eksekusi program, sedangkan LabVIEW menggunaan pemrograman aliran data, dimana aliran dari data yang menentukan eksekusi[Fuad,2012].
Software Labview
Dengan LabVIEW, kita dapat membuat user interface dengan menggunakan tools dan objek tertentu. User interface dinamakan front panel. Kita dapat memberikan kode dengan menggunakan grafis yang mewakili fungsi untuk mengatur object pada front panel. Blok diagram berisi kode tersebut. Dengan begitu blok diagram dapat menyerupai sebuah flowchart. Pemrograman LabVIEW ini sebenarnya ditujukan untuk memudahkan pembuatan program, khususnya di bidang instrumentasi dan kendali. hal ini karena didalam LabVIEW disediakan tools-tools untuk memudahkan akses ke hardware.
LabVIEW merupakan salah satu dari sekian banyak sarana pemrograman komputer. Seperti halnya sarana pemrograman lainnya LabVIEW dikembangkan untuk perancangan dan rekayasa data sehingga dapat menampilkan dan memproses segala macam fungsi untuk melakukan pemanipulasian terhadap fungsi yang diinginkan. LabVIEW memiliki 2 ruang kerja, pada masing-masing ruang kerja memiliki antarmuka grafik tersendiri. Setiap simbol grafik ini mewakili banyak kata/perintah yang digunakan dalam bahasa teks. Dengan demikian waktu yang diperlukan dalam perancangan program yang dilakukan oleh seorang pemrogram akan menjadi lebih efisien. Salah satu keunggulan dari LabVIEW adalah aliran pemrograman yang dapat diamati proses kerjanya, sehingga jika terjadi kesalahan dalam penggolahan data dapat diketahuui dengan mengamati proses tersebut.
Secara umum program ini dirancang khusus untuk membuat gambaran/simulasi kerja suatu instrumen industri, komunikasi data, akuisisi data, sistem kendali, perancangan dan perhitungan matematika.

No comments:

Post a Comment