Tuesday, June 26, 2012

Sistem kendali Manual dan Otomtasi


 Kemajuan dunia teknologi ditandai dengan berkembang dan meningkatnya metoda pemantauan dan pengendalian lingkungannya dengan tujuan meningkatkan kemampuan untuk beradaptasi, memperkirakan, menurunkan resiko dan menghilangkan efek buruk terhadap kehidupan dan lingkungan. Istilah instrumentasi berarti alat-alat yang digunakan untuk mengkontrol, sedangkan istilah kontrol berarti mengendalikan sesuatu sesuai dengan yang kita inginkan. Fungsi dari instrumentasi dan kontrol adalah :
 1.    Penilaian harga atau kualitas (Value or quality assessment) - merupakan tujuan utama pengukuran dalam peradaban manusia.
2.     Keselamatan dan Proteksi (Safety and Protection) – bertujuan memantau dan mendeteksi situasi berbahaya tertentu untuk menentukan aksi adaptif, protektif danpreventif; misalnya tujuan pemantauan suhu untuk menentukan tindakan adaptif atau protektif.
3.     Kendali otomatis (Automatic Control) – yaitu menggantikan manusia dengan msein/peraltan yang berfungsi sebagai pengontrol sebuah proses.
4.     Pengumpulan data (Data collection) – bertujuan sebagai informasi untuk menganalisis penyebab gangguan dan pengembangan model proses yang lebih baik.
Teknologi kontrol pertama kali dikembangkan memanfaatkan manusia sebagai pengontrolnya, setelah teknologi mesin, elektronik dan komputer ditemukan mulailah tenaga manusia diganti dengan peralatan tersebut sehingga disebutlah istilah kontrol otomatis (automatic control).



Kontrol Manual/Manusia

Gambar  Kontrol Level Manual (Manual Level Control).

Pada gambar di atas kita bisa lihat bagaimana manusia sebagai pengontrol pada proses pengisian air dalam tangki. Ketika level air mendekati level high-nya dengan mata manusia sebagai sensor maka dengan tangannya manusia akan membuka valve outlet sehingga level tangki tetap terjaga agar air tidak tumpah ke luar.

Kontrol Otomatis
Kontrol otomatis adalah proses kontrol menggunakan mesin/alat pengontrol, hal ini dapat ditunjukkan pada gambar di bawah ini :

Gambar  Kontrol Level Otomatis cairan dalam tangki.

Sensor level berfungsi untuk mengetahui level di dalam tangki, ketika sensor mengirim sinyal bahwa level tangki high, maka kontroller memerintah actuator untuk membuka valve sehingga level air dalam tangki tidak akan tumpah ke luar. Untuk tujuan pemeliharaan, banyak alat ukur dilapangan (field instruments) juga dilengkapi dengan indikator lokal, yaitu harga yang terukur ditunjukkan di lokal dan juga dikirim sebagai sinyal ke pusat kontrol.

Gambar Instrumentasi untuk kontrol level otomatis

No comments:

Post a Comment